Pages

Wednesday, December 5, 2012

Motor bernilai Rp 4,5 miliar

Bagi Anda yang suka dengan dunia motor pasti tercengang, ketika harga sebuah motor mencapai Rp 4,5 miliar. Sebab motor ini merupakan salah satu incaran kolektor di seluruh dunia. Motor apakah ini, jelas banyak orang tidak tahu. Pasalnya bukan Honda, Yamaha, bahkan Vespa sekalipun yang sudah melegenda.
Beberapa waktu yang lalu sebuah Brough Superior mencetak rekor motor termahal setelah sukses terlelang hingga Rp 4,5 miliar. Benar, motor dengan harga spektakuler ini bernama Brough Superior.
Motor klasik dengan nama lain 'Old Bill' ini diproduksi tahun 1922. Secara khusus dibuat untuk mengenang pendirinya yaitu George Brough. Setelah dia mencatatkan 50 kali kemenangan dalam dunia balap yang digelutinya. Di kalangan pecinta kendaraan klasik, Brough Superior bagai sebuah mobil Bugatti.


Nama 'Old Bill' yang diberikan kepada Brough Superior untuk mengenang tokoh kartun Bruce Bairnsfather yang terkenal ketika Perang Dunia I.
Motor ini dilelang beberapa waktu di balai lelang H&H Duxford dan berhasil mencetak rekor 291.200 pounds. Jika jumlah tersebut dikurskan ke dalam mata uang Rupiah maka hasilnya sekitar Rp 4,5 miliar. Dalam lelang tersebut mencatatkan rekor dunia, Brough Superior dinobatkan sebagai salah satu motor termahal di dunia.
Motor ini sudah menjadi pajangan museum sejak tahun 1922 dan kini dibeli oleh seorang kolektor asal Amerika Serikat.
Brough Superior ini berspesifikasi mesin V-twin dengan kapasitas 1.000cc. Pada masa keemasannya, motor ini mampu melaju hingga 160 km/jam. Menjadikannya istimewa kala itu karena kapasitas mesin dan top speednya paling unggul dari motor lainnya.
(kpl/abe)  
 sumber : otosia.com

No comments:

Post a Comment